Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas/ Semester : X / Ganjil Aspek : Kebahasaan Tema : Kesenian Pertemuan Ke : 2 ( Dua ) Alokasi : 1 X Pertemuan ( 2 x 45 Menit ) . Standar Kompetensi : Mampu memahami dan menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra melalui mendengarkan informasi ( siaran berita dan nonberita ) baik dari media elektronik maupun cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman. . Kompetensi Dasar : Menyimak atau mendengarkan berita di radio atau televisi dan memberikan tanggapan. . Indikator : 1. Menentukan makna gramtikal afiks ke-an. 2. Menggunakan kata berafiks ke-an dalam kalimat secara tepat. 3. Menulis sebuag paragraf dengan menggunakan kata berafiks ke-an secara benar. 4. Mendata kata-kata berafiks ke-an dalam teks lalu mengelompokkannya berdasarkan maknanya. . Tujuan Pembelajaran : 1. Memahami afiks ke-an. 2. Menggunakan kata berafiks ke-an secara tepat. . Materi Ajar : Afiks ke-an. . Metode Pengajaran : Praktik, dan penugasan. . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : a. Kegiatan Awal : Memberikan contoh kalimat yang menggunakan afiks ke-an pada teks. . b. Kegiatan Inti : 1. Menentukan makna gramatikal afiks ke-an. 2. Menggunakan kata berafiks ke-an secara tepat. 3. Menulis sebuah paragraf dengan menggunakan kata berafiks ke-an secara benar. . c. Kegiatan Akhir : Mendata kata-kata berafiks ke-an dalam teks, lalu mengelompokkannya berdasarkan makna dalam kalimat. . Sumber Belajar : 1. Buku Mahir Berbahasa Indonesia SMA Kelas X, Penerbit Yudhistira ( Hal. 5 ). 2. Radio/ tape/ televisi/ kaset rekaman. 3. Teks bacaan dari surat kabar, majalah, internet. . Penilaian : Jenis tagihan : Yugas individu. Bentuk instrumen : Unjuk kerja, format pengamatan, uraian bebas, dan isian singkat. . Instrumen : 1. Buatlah kalimat dengan kata-kata berikut ini, kemudian tentukan maknanya ! a. ketinggian b. kekanak-kanakan c. kelupaan d. kementerian e. kebersihan f. kesenian g. kehilangan h. kejahatan i. kesatuan j. kematangan . 2. Carilah imbuhan ke-an pada teks "Kisah Sangkuriang di Gedung Kesenian Jakarta," kemudian tentukan maknanya ! |
Selasa, 17 Juni 2008
02. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar