Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas/ Semester : X / Ganjil Aspek : Berbicara Tema : Kesenian Pertemuan Ke : 3 ( Tiga ) Alokasi : 1 X Pertemuan ( 2 x 45 Menit ) . Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan perkenalan, berdiskusi, dan bercerita. . Kompetensi Dasar : Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat. . Indikator : 1. Mengucapkan kalimat perkenalan, misalnya sebagai moderator dan atau pembawa acara dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton. S 2. Menempatkan jeda yang tepat dalam mengungkapkan kalimat perkenalan. S 3. Mencatat kekurang yang terdapat dalam pengucapan teman. K 4. Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang tepat. S . Tujuan Pembelajaran : 1. Mengucapkan kalimat perkenalan dengan intonasi yang tepat. 2. Dapat memperbaiki pengucapan kalimat perkenalan teman yang kurang tepat. . Materi Ajar : Kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi ( penggunaan sapaan, diksi, dan struktur ( kalimat ). . Metode Pengajaran : Diskusi, tanya jawab, dan demontrasi. . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : a. Kegiata Awal : 1. Memotivasi siswa dengan sebuah ilustrasi. 2. Menanyakan manfaat sebuah perkenalan. 3. Menuliskan contoh kalimat perkenalan. 4. Menunjuk seorang siswa untuk membacakan kalimat perkenalan dengan intonasi yang tepat. . b. Kegiatan Inti : Menyuruh siswa ( secara pribadi ) menulis kalimat-kalimat perkenalan, misalnya dalam diskusi : 1. Kalimat perkenalan diri sendiri ( sebagai peserta ). 2. Memperkenalkan orang lain ( sebagai moderator ). . Kegiatan Akhir : 1. Guru menunjuk seorang siswa untuk membacakan pekerjaannya ( atau beberapa siswa secara bergantian ), kemudian siswa lain memberikan tanggapannya, baik dari segi pengucapan maupun intonasinya. 2. Guru menyimpulkannya. . Sumber Belajar : Buku Mahir Berbahasa Indonesia SMA Kelas X, Penerbit Yudhistira ( Hal. 4 - 6 ) . Penilaian : Jenis tagihan : Tugas individu, dan tugas kelompok. Bentuk Instrumen : Praktik berbicara, format pengamatan. . Instrumen : . Tes kompetensi 1.3 hal. 7 - 8. 1. Buatlah kalimat perkenalan, misalnya sebagai moderator dan atau pembawa acara dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton ! S 2. Tempatkan jeda yang tepat dalam mengungkapkan kalimat perkenalan . S 3. Catatlah kekurangan yang terdapat dalam pengucapan teman ! K 4. Perbaiki pengucapan kalimat yang kurang tepat. S |
Selasa, 17 Juni 2008
03. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar