Senin, 04 Agustus 2008

11. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : X / Ganjil
Aspek : Menulis
Tema : Pekerjaan
Pertemuan Ke : 11 ( Sebelas )
Alokasi : 1 X Pertemua ( 2 x 45 Menit )

Standar Kompetensi :
Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraph ( naratif, deskriptif, ekspositif ).

Kompetensi Dasar :
Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraph deskriptif.

Indikator :
1. Menunjukkan karakteristik paragraph deskriptif. K
2. Mendaftar topic-topik yang dapat dikembangkan menjadi tulisan yang berciri deskriptif. K
3. Menyusun paragraph deskripsi tentang benda dan manusia berdasarkan pengamatan dan pendengaran. S
4. Menyusun paragraph deskripsi berdasarkan tema atau topic tertentu. S
5. Membaca paragraph yang ditulis teman dan memberikan saran perbaikan dalam hal duksi, ejaan, kalimat, dan tanda baca. S / A

Tujuan Pembelajaran :
1. Menentukan objek yang dideskripsikan.
2. Menyebutkan gagasan-gagasan sebagai uaraian atas objek tersebut.
3. Menuliskan sebuah objek beserta uraiannya.
4. Mengembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah paragraph deskripsi.
5. Menyunting paragraph deskriptif tulisan teman.

Materi Ajar :
1. Paragraf deskripsi.
2. Pola pengembangan paragraph deskripsi.

Metode Pengajaran : Demontrasi, diskusi, dan penugasan.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

a. Kegiatan Awal :
1. Memberikan contoh paragraph deskripsi.
2. Siswa diminta untuk mengidentifikasi karakteristik paragraph deskripsi.

b. Kegiatan Inti :
1. Seorang siswa diminta untuk membacakan paragraph tulisannya, kemudian siswa lain meanggapinya.
2. Bersama siswa membahas paragraph tulisan seorang siswa tersebut, lalu mengevaluasi tulisan siswa lainnya.

c. Kegiatan Akhir :
1. Mengerjakan tes kompetensi.
2. Menyimpulkan.

Sumber Belajar :
Buku Mahir Berbahasa Indonesia SMA Kelas X, Penerbit Yudhistira ( hal. 31 – 33 ).

Penilaian :
Jenis tagihan : Tugas individu, dan tes sub sumatif.
Bentuk instrument : Uraian singkat, isian, praktik menulis, objektif, dan esai.

Instrumen :
1. Tes kompetensi 2.5 hal. 32 – 33.
2. Tugas individu 2.3 hal. 33.

Tidak ada komentar: